Your Ad Here
bertambah tinggi badan dan bertambah penghasilan

Senin, 24 November 2008

Teknik Berkendara di Circuit :

Teknik Berkendara di Circuit :

1. Saat memasuki tikungan dari lintasan lurus, ambil patokan yang ada di sirkuit untuk memulai pengereman. Kurang dari 200 meter untuk beginner, 150 – 200 meter untuk intermediate, dan 100 – 150 meter untuk advanced (late braking).
2. Pengereman dilakukan setelah throttle di roll-off dan dilakukan secara konsisten dan tidak sampai membuat band depan terkunci. Setelah RPM menurun, dapat dilakukan downshift dengan ‘blip’ pada throttle untuk menghindari ban belakang tidak terkunci.
3. Siapkan posisi badan, kaki, kepala, dan arah pandangan ke arah tikungan (titik acuan pandangan sejauh mungkin ke arah tikungan yang dituju).
4. Pada saat menikung, usahakan tidak mengganti racing line jika tidak diperlukan. Throttle harus ditahan untuk mendapatkan traction. :D
5. Akselerasi dilakukan secara progressif pada saat motor mulai keluar dari tikungan. Akselerasi maksimum dapat dilakukan pada saat motor sudah dalam keadaan tegak. Akselerasi sama sekali tidak dilakukan pada saat menikung, sebelum melewati titik apex terluar.
6. Jika dalam situasi dimana kecepatan memasuki tikungan terlalu tinggi atau motor tidak bisa mengikuti racing line yang dimaksud, kurangi kecepatan dan biarkan racing line melebar, atau bahkan masuk ke area gravel. Di area gravel, stang motor biarkan lurus sampai motor berhenti sendiri secara perlahan (throttle roll-off).
7. Jika kehilangan kendali pada saat tikungan dan motor jatuh (sliding), usahakan agar secepat mungkin melepas stang agar badan tidak terseret atau terhimpit motor, posisi tangan diletakkan menyilang di depan dada, dan biarkan badan terguling di tanah. Semakin badan dibiarkan terguling, semakin sedikit impact yang akan diterima oleh badan, sehingga mengurangi resiko injury.
8. Usahakan untuk mengenal lebih dalam tentang sirkuit dengan menganalisa tiap-tiap tikungan:
* Seberapa ketajaman masing masing tikungan,
* Seberapa jauh racing line dan lean angle yang dibutuhkan pada masing masing tikungan
* Berapa downshifts yang diperlukan pada masing masing tikungan
* Hafal tikungan mana yang ada di depan (yang akan datang) dan kondisinya, sehingga persiapan dapat dilakukan sedini mungkin
* Untuk sirkuit sentul, approach yang paling ideal adalah slow-in, fast-out.

0 komentar: